Menu Siang Ini: Rujak Cingur Khas Jawa Timur

Kamis, 11 Oktober 2018 - 11:28 WIB
Menu Siang Ini: Rujak Cingur Khas Jawa Timur
Menu Siang Ini: Rujak Cingur Khas Jawa Timur
A A A
JAKARTA - Rujak cingur merupakan makanan khas Jawa Timur, khususnya Surabaya. Dalam bahasa Jawa, cingur berarti mulut. Ini sesuai dengan bahan pada irisan mulut atau moncong sapi yang direbus dan dicampurkan dalam hidangan.

Selain cingur, makanan ini terdiri dari beberapa bahan lain, seperti irisan timun, bengkuang, mangga muda, nanas, dan kedongdong. Rujak cingur semakin menggoda saat disajikan bersama lontong, tahu, tempe serta sayuran.

Adapun sayuran yang menjadi isiannya, mulai taoge, kangkung hingga kacang panjang. Semua bahan dicampur dengan saus atau bumbu yang terbuat dari olahan petis udang, air, gula merah, cabai, kacang tanah yang digoreng, dan pisang biji yang diulek.

Untuk menikmatinya, tak perlu jauh-jauh ke Surabaya. Bahkan, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Berikut resep membuat Rujak Cingur seperti dikutip Eresep.

Bahan-bahan:
300 gram tahu cina
250 gram tempe
2 ikat kangkung, disiangi, direbus
100 gram taoge, direbus
500 gram cingur
1 buah ketimun, dipotong-potong
100 gram mangga mengkal, dipotong-potong
100 gram bengkuang, dipotong-potong
6 buah lontong
2 sdm bawang merah goreng untuk taburan
150 gram kerupuk kanji
Minyak untuk menggoreng

Bumbu halus:
6 iris pisang batu
3 buah cabai rawit
2 1/2 sdm kacang tanah kulit goreng
1 sdm gula merah, disisir halus
2 siung bawang putih, digoreng
1/2 sdt terasi goreng
1/2 sdt garam
2 sdm petis
1 sdm air asam dari 1 1/2 sdt asam jawa dan 1 sdm air
50 ml air

Cara membuat:
Lumuri tahu cina dan tempe dengan garam dan 150 ml air. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan di atas api sedang sampai matang. Rebus cingur di dalam 2.000 ml air bersama daun salam, jahe, serai, dan garam sampai empuk. Angkat dan sisihkan.

Siapkan cobek, ulek irisan pisang batu. Tambahkan cabai rawit, kacang tanah, gula merah, bawang putih, terasi, dan garam sampai setengah halus. Masukkan petis dan air asam. Ulek rata. Tambahkan air sedikit-sedikit sambil diulek sampai halus.

Iris-iris tahu, tempe, cingur, ketimun, mangga dan bengkuang di atas cobek. Masukkan kangkung, taoge, dan irisan lontong. Aduk-aduk dengan spatula plastik. Sajikan setelah ditabur bawang merah goreng dan kerupuk kanji.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4735 seconds (0.1#10.140)